Pengertian ROM dan Firmware Android

  • Whatsapp
Pengertian ROM dan FIrmware Android
Pengertian ROM dan FIrmware Android

Inilah Pengertian ROM dan FIrmware Android – Bagi kamu yang biasa bergelut dalam dunia peroprekan android mungkin tidak akan asing dengan istilah ROM Android.

Namun bagi orang awam mungkin sangat asing, karena itu admin akan membahas sekilas tentang apa sih itu ROM da Firmware Android ?

Pengertian ROM Pada Android

Pengertian ROM dan FIrmware Android

Rom sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory, yaitu merupakan tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC.

Jadi secara umum baik Stock ROM maupun Custom ROM bisa diartikan sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama), kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih bisa apa saja sesuai keinginan.

Tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut.

Secara teknis file sistem dalam Stock ROM perangkat diambil-download oleh Custom Developer dari pihak ketiga untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperangkat tersebut atau keperangkat lain yang support melalui metode flashing.

Biasanya untuk melakukan perubahan pada ROM kita harus mendapatkan akses ROOT, atau dapat menggunakan Cucstom Recovery.

Pengertian Firmware Android

Read-only OS yang dibicarakan di atas juga bisa disebut “Firmware,” yang mana bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi data.

Modifikasi dari Firmware sebenarnya masih memungkinkan, hanya saja tidak semudah penggunaan normal. Hardware atau software khusus dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut.

Kedua istilah “Operating System” dan “Firmware” pada dasarnya mengacu pada hal yang sama dan dapat digunakan bergantian bila diterapkan pada perangkat tertentu.

Lalu bagaimana dengan custom rom ?

Custom rom merupaka modifikasi dari Stock rom bawaan.

Ada banyak developer rom yang sangat luar biasa di internet, mereka membuat custom rom menyesuaikan kebutuhan masing – masing developer.

Ada yang membuat custom rom untuk keperluan gamer, ada juga membuat custom rom untuk keperluan sehari hari.

Demikian informasi mengenai Pengertian ROM dan FIrmware Android, semoga informasi ini sangat bermanfaat.

Related posts