Inilah Perbedaan Rooting, Jailbreak, ROM dan MOD

  • Whatsapp

Inilah Perbedaan Rooting, Jailbreak, ROM dan MOD – Mungkin beberapa para pembaca sudah tidak asing dengan kata rooting, jailbreak, rom dan mod, karena kata tersebut sering di dengar atau diucapkan oleh para opreker indonesia.

Untuk penjelasan Detailnya silahkan baca artikel ini sampai selesai ya…

Penjelasa Apa Itu Rooting

Rooting dan Jailbreaking pada dasarnya adalah hal yang sama, Jailbreaking adalah kata bagi pengguna iPhone, untuk penyebutan Rooting bagi Pengguna Android.

Rooting adalah ketika Anda mendapatkan akses “Root” / “Akar” ke system operasi android yang memberi Anda kekuasaan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan (itu berasal dari Pengguna Root Unix , pada dasarnya setara dengan Unix untuk akun Administrator Windows). Biasanya Anda dicegah untuk mengakses Root untuk kebaikan Anda sendiri, karena sangat mudah untuk memanipulasi atau memodifikasi ponsel Anda setelah Anda memiliki akses root.

Sebuah Nandroid backup adalah backup dari ponsel Anda yang merupakan gambaran yang tepat dari keadaan ponsel Anda. Jadi kamu bisa membuat salinan yang tepat dari ponselmu saat ini, kemudian melakukan perubahan besar, dan kemudian mengembalikan ke backup sebelumnya dengan mem – flash backup rom kembali ke ponsel pintarmu.

Flashing berarti memasang atau menginstal. Pada dasarnya proses Flashing merupakan menghapus system pada perangkat dan atau memulihkan system sebelumnya (cadangan) atau kamu bisa menginstal ROM baru sesuai type smartphonemu. NAND adalah lokasi penyimpanan system pada ponsel pintar, oleh karena itu jika anda mengcopy file rom kedalam smartphone, maka itulah yang disebut Flashing

Penjelasan Apa itu ROM

Sistem operasi Android adalah perangkat lunak yang mengelola perangkat keras di ponsel Android seperti layar, komunikasi data, penyimpanan, kamera, dan GPS. Ini memberikan lapisan umum yang memungkinkan aplikasi penggunaan dan akses ke sumber daya ini pada berbagai perangkat yang berbeda tanpa aplikasi harus mengetahui sesuatu yang istimewa tentang perangkat keras aktual yang sedang berjalan.

Sistem Operasi Android juga mencakup sejumlah aplikasi dan layanan standar seperti Kontak, Kamera, Galeri Foto dan aplikasi browser web dan memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti mengontrol kecerahan layar atau menghubungkan ke jaringan wifi.

Meskipun definisi sebenarnya berbeda, di dunia Android, ROM , Mod , dan Firmware semuanya digunakan seolah-olah pada dasarnya berarti hal yang sama.

Semua itu merujuk ke versi khusus dari sistem operasi Android yang telah dimodifikasi untuk bekerja pada merek ponsel tertentu dengan sejumlah penyesuaian atau perubahan tertentu. Hal ini dapat dilakukan agar ponsel lama seperti G1 dapat diberikan versi Android yang baru, seperti 2.2 bahkan jika pabrikan telah memutuskan untuk tidak menyediakannya. Atau bisa juga menyediakan fungsionalitas tambahan yang tidak tersedia di versi Android yang disediakan pabrikan, atau untuk memperbaiki masalah di versi pabrikan yang disediakan.

Sebuah driver adalah apa yang memberitahu perangkat lunak Android sistem operasi bagaimana berbicara dengan semua hardware yang berbeda yang ada di ponsel Android. Ketika seseorang menyusun ROM untuk model telepon tertentu, mereka harus menyertakan semua driver telepon di dalam ROM (untuk hal-hal seperti modem seluler, akses WiFi, jenis kamera tertentu, prosesor spesifik, dll) jika tidak ROM tersebut entah tidak akan berfungsi pada telepon itu, atau hanya akan dapat mengerjakan bagian-bagian tertentu dari telepon dan, misalnya, mungkin tidak dapat menggunakan kamera yang menghadap ke depan, atau mungkin tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi. Ini persis sama dengan ketika Anda mencolokkan sesuatu yang baru ke Windows dan menjalankan wizard Tambah Perangkat Keras Baru dan mencari driver baru sebelum Anda dapat menggunakannya. Driver dimuat oleh kernel, inti dari sistem operasi.

Sebuah Over The Air (OTA) update ketika ponsel Anda menerima update untuk sistemnya Android operasi “melalui udara”, yakni dikirim file secara otomatis melalui jaringan selular baik dari Google atau dari jaringan telepon Anda tanpa pernah perlu untuk menjadi dicolokkan ke PC. Ini kontras dengan cara yang, misalnya, iPhone awalnya diperbarui di mana ia perlu dicolokkan secara fisik ke komputer yang menjalankan iTunes untuk mendapatkan pembaruannya.

The bootloader mengontrol bagaimana sepatu perangkat. Alat sisi PC Google untuk masuk ke bootloader dan tugas terkait lainnya disebut Fastboot , dan menjalankan bootloader secara interaktif dapat disebut “mode Fastboot”. Sebuah bootloader terkunci akan memverifikasi partisi sistem Android dan mengembalikannya ke saham jika tidak cocok, sedangkan bootloader unlocked tidak melakukan pengecekan yang sama, itulah sebabnya mengapa membuka bootloader diperlukan untuk secara permanen membasmi perangkat.

Istilah recovery sering digunakan untuk mengartikan beberapa hal berbeda. Itu bisa berarti mode operasi untuk telepon. Sebagai contoh Jika anda pengguna Xiaomi, untuk masuk ke mode Recovery maka anda cukup menekan tombol Power + Vol UP secara bersamaan sekitar 5 detik. Maka anda akan dibawa masuk ke menu recovery.

Ini adalah mode operasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan besar pada ponsel. Atau pemulihan juga bisa berarti partisi pemulihan di ponsel.

Sebagai contoh, Atrix 4G MB860 olympus dikirimkan dengan gambar pemulihan stok yang dilintas ke partisi pemulihan , dan mem-boot ke mode pemulihan pada telepon biasa memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa perubahan besar pada telepon:

  • sistem reboot sekarang
  • terapkan sdcard: update.zip
  • menghapus data / reset pabrik
  • menghapus partisi cache

Mungkin saja (meskipun ini biasanya membutuhkan bootloader yang tidak dikunci ) untuk mengganti kode yang dijalankan dalam mode Recovery Android dengan mengganti gambar pemulihan stok yang dipasang oleh produsen pada partisi pemulihan dengan gambar pemulihan khusus seperti ClockworkMod .

Menginstal dan mengeksekusi kode dalam gambar pemulihan kustom sering memungkinkan pengguna untuk membuat banyak perubahan yang lebih komprehensif untuk telepon dan juga sering memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan Nandroid dan mengembalikan cadangan ini ke telepon.

Bootloader juga dapat berperan dalam mem-flash firmware, meskipun ini biasanya merupakan bagian dari pemulihan . Meskipun Anda biasanya tidak ingin mengacaukan dengan bootloader, pengguna tingkat lanjut akan sering mem-flash pemulihan kustom seperti ClockworkMod(meskipun bootloader yang terkunci dapat mencegah hal ini). Ini memungkinkan seseorang untuk mem-flash firmware yang belum ditandatangani oleh pabrikan (seperti custom ROM), karena pemulihan stok biasanya memeriksa tanda tangan, dan melakukan tugas-tugas lanjutan seperti backup Nandroid yang lengkap. Pemulihan sedikit mirip dengan layar boot BIOS pada PC yang Anda gunakan dengan menekan kombinasi tombol khusus saat telepon dinyalakan. Pemulihan juga dapat melakukan hal-hal seperti menjalankan file pembaruan dari kartu SD ponsel, atau membiarkan Anda terhubung dari PC melalui ADB (Android Debug Bridge) untuk mengelola perangkat dari baris perintah.
Info lebih lanjut: Apa hubungan antara ROM Manager, ClockworkMod dan Nandroid? Yang mana yang saya butuhkan?

Banyak jaringan telepon seluler yang menjual telepon GSM dengan kontrak membatasi telepon sehingga hanya dapat digunakan di jaringan telepon tertentu, ini dikenal sebagai kunci SIM , kunci jaringan atau kunci subsidi .

Ini memungkinkan penyedia untuk memastikan bahwa telepon yang mereka subsidi hanya dapat digunakan pada jaringan yang akan membantu mereka mendapatkan kembali uang itu. Ponsel membaca kode IMSI dari kartu SIM yang dimasukkan dan memeriksa apakah sesuai dengan negara atau kode jaringan yang diizinkan yang telah diprogram dengan ponsel.

Membuka kunci SIMmenghapus batasan ini dari telepon sehingga kartu SIM jaringan apa pun dapat dimasukkan dan digunakan. Ini biasanya melibatkan pengetikan kode ke dialer ponsel yang menghilangkan kunci. Ada berbagai cara untuk mendapatkan kode ini tergantung pada perangkat dan jaringan Anda, beberapa jaringan akan memberi Anda kode pembuka kunci setelah Anda mencapai akhir masa kontrak Anda, beberapa produsen menerbitkan kode-kode ini di situs web mereka, beberapa produsen menanamkan kode-kode ini ke perangkat mereka dengan cara yang dapat diekstraksi oleh aplikasi dan beberapa memerlukan penggunaan perangkat lunak PC khusus untuk memprogram ulang ponsel. Kunci SIM biasanya diimplementasikan dalam perangkat keras / firmware hanya-baca, sehingga umumnya tidak mungkin untuk membuka kunci perangkat Anda tanpa kode.

Get Code

Related posts