Tutorial Flash dan Jasa Root Android

Galaxy Z Fold 5: Semua Yang Anda Inginkan Dari Perangkat Lipat Samsung Berikutnya

Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki desain yang sedikit direvisi, kamera yang diperbarui yang menjaga kecepatannya dengan Galaxy S22, dan prosesor baru. Ini adalah langkah ke arah yang benar, tetapi ada banyak cara Samsung dapat meningkatkan ponsel lipatnya yang lebih besar.

Perubahan terbesar yang ingin kami lihat pada penerus Galaxy Z Fold 4 (yang kemungkinan akan disebut Galaxy Z Fold 5) adalah lebih banyak perangkat lunak yang memanfaatkan bentuk lipatnya. Sangat menyenangkan memiliki layar besar yang pas di saku Anda. Namun, jika Samsung ingin perangkat lipatnya menarik lebih dari sekadar pengguna awal, Samsung perlu membuat alasan yang lebih meyakinkan.

Galaxy Z Fold sedang dalam generasi keempat, tetapi perangkat yang dapat dilipat tidak memiliki momen terobosan yang ditunggu-tunggu oleh Samsung. Menurut International Data Corporation, meskipun penjualan ponsel lipat meningkat, diperkirakan hanya 1,1% dari total pasar smartphone pada tahun 2022.

Samsung Electronics biasanya merilis ponsel lipat baru pada bulan Agustus. Hanya itu yang kami harap dapat dilihat di Galaxy Z Fold 5 tahun depan.

Lebih banyak fitur program

Samsung Galaxy Z Fold 4 menawarkan layar besar yang pas di saku Anda. Namun, dibutuhkan lebih dari itu untuk mendapatkan pelanggan.

Ya, karena itulah desain Galaxy Z Fold patut diperhatikan. Namun, perangkat keras yang mengesankan tidak berarti apa-apa tanpa beberapa perangkat lunak untuk dipasangkan dengannya. Bertahun-tahun sejak peluncurannya, Samsung telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan cara kerja aplikasi pada layar internal 7,6 inci Z Fold. Misalnya, Z Fold 4 memiliki dok di bagian bawah layar untuk akses cepat ke aplikasi, serta menggunakan bagian bawah layar sebagai touchpad dalam mode fleksibel.

Masalahnya adalah fitur-fitur ini tidak banyak meyakinkan pengguna mengapa mereka menginginkan ponsel yang dapat dilipat. Sebaliknya, itu hanya membuat proses menggunakan aplikasi di Z Fold sedikit lebih mudah dan nyaman.

Saya rasa belum ada perusahaan yang menjawab pertanyaan ini dengan memadai, tetapi saya telah melihat beberapa upaya yang menjanjikan. Microsoft Surface Duo 2, misalnya, berubah menjadi buku digital dengan animasi membalik halaman saat Anda membuka aplikasi Kindle. Namun, perlu diingat bahwa Surface Duo berbeda dari Z Fold karena terdiri dari dua layar terpisah yang dihubungkan oleh engsel. Galaxy Z Fold 4 adalah ponsel yang lebih baik secara keseluruhan berkat kameranya yang hebat dan pengoptimalan perangkat lunak yang lancar, di antara kelebihan lainnya.

Samsung adalah yang pertama meluncurkan ponsel lipat, yang berarti harus menunggu lebih lama dari kebanyakan pesaing di segmennya. Itu sebabnya kami mengharapkan fitur yang lebih ambisius dari Samsung di versi Galaxy Z Fold yang akan datang.

Pena S bawaan

Baik Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 3 mendukung S Pen, tetapi harus dibeli secara terpisah.

S Pen dapat membantu Samsung menjawab pertanyaan penting tentang siapa Galaxy Z Fold itu. Baik Galaxy Z Fold 3 dan 4 mendukung S Pen, namun harus dibeli terpisah dan tidak memiliki penyimpanan. Sebagai gantinya, Samsung harus membundel Galaxy Z Fold 5 dengan S Pen dan menambahkan cara mudah untuk menyimpannya di dalam atau memasangnya ke perangkat.

Hal itu akan membuat Galaxy Z Fold 5 lebih berguna untuk membuat catatan, menggambar, dan mengedit dokumen. Ini mungkin tidak masalah bagi semua orang, tetapi itu bisa membuat Z Fold lebih menarik bagi audiens berorientasi produktivitas yang menjadi target Samsung. Itu juga akan membuat label harga tinggi Z Fold sedikit lebih mudah untuk ditelan.

Samsung belum membahas rencana untuk seri Galaxy Z Fold. Namun, menurut sebuah laporan oleh The Elec, Samsung menyebut penambahan slot S Pen sebagai tantangan besar yang harus diatasi untuk mempopulerkan perangkat lipat. Ini berarti Samsung setidaknya dapat mempertimbangkan untuk menggabungkan S Pen dengan perangkat lipat di masa mendatang.

kerutan yang kurang terlihat

Kerutan pada Galaxy Z Fold 4 masih sangat terlihat.

Samsung secara progresif meningkatkan desain Z Fold selama bertahun-tahun, tetapi lipatannya belum hilang. Ini tidak selalu terlihat, tetapi Anda dapat merasakan kerutan saat menggerakkan jari di layar. Dengan lipatan ke bawah, Galaxy Z Fold bisa terlihat seperti tablet biasa saat dibuka.

Dalam hal ponsel yang dapat dilipat, Samsung mungkin memimpin, tetapi perusahaan lain membuat kemajuan pesat dalam hal mengurangi kerutan. Misalnya, Huawei dan Oppo adalah dua produsen smartphone terbesar di dunia.

Layar Huawei Mate XS 2 membungkus bagian depan perangkat, sehingga dapat berfungsi sebagai ponsel biasa saat dilipat dan tablet saat dibuka. Sareena Dayaram dari CNET baru-baru ini mencoba Find N2 yang dapat dilipat dari Oppo, dan menulis “Saya hampir tidak melihat atau merasakan lipatannya.”. Mengingat laporan Elec juga menunjukkan bahwa Samsung tertarik untuk meminimalkan kerutan pada Z Fold, kemungkinan Samsung akan mencari cara untuk mengatasi masalah ini.

desain ramping

Galaxy Z Fold 4 masih terasa tebal saat ditutup.

Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki bodi yang kokoh dan layar yang lebar. Namun, masih sulit untuk digunakan sebagai ponsel biasa dalam keadaan tertutup. Galaxy Z Fold 4 tebalnya antara 0,5 dan 0,6 inci saat dilipat, sedangkan iPhone 14 dan Galaxy S22 sekitar 0,3 inci. Ukuran ekstra ini mungkin tidak mengganggu mereka yang menggunakan Galaxy Z Fold terutama dalam mode tablet. Namun bagi mereka yang masih belum yakin dengan janji ponsel lipat, ini menjadi penghalang lain untuk mengadopsinya.

harga lebih murah

Galaxy Z Fold 4 secara signifikan lebih mahal daripada ponsel non-lipat biasa dengan harga reguler.

Dengan harga reguler $ 1.800, menyebut Galaxy Z Fold 4 mahal adalah pernyataan yang meremehkan. Anda mungkin menerima diskon saat menukar perangkat lama. Itu karena Samsung mendaftarkan model 256GB seharga $900 dengan trade-in yang memenuhi syarat. Tetapi dibandingkan dengan banyak ponsel non-lipat seperti jajaran Galaxy S22 dan keluarga Pixel 7, ini masih berada di spektrum paling atas.

Samsung setidaknya memahami teka-teki ini. “Tentu saja ini adalah tantangan yang kami hadapi, dan kami harus mengatasinya,” kata presiden Samsung dan pengalaman seluler Roh Moo-hyun tentang harga Z Fold dalam wawancara dengan CNET awal tahun ini. .

Ponsel lipat masih merupakan segmen baru dari pasar smartphone yang lebih luas, tetapi perubahan seperti ini dapat menjadikannya alternatif yang layak untuk perangkat sehari-hari. Dengan Galaxy Note pertama di tahun 2011, Samsung membantu mempopulerkan ponsel layar lebar yang kita gunakan saat ini. Samsung sedang mencoba melakukan hal yang sama dengan perangkat lipatnya, tetapi jelas masih ada tantangan yang harus diatasi.

Get Code
Mau Konsultasi Oprek?
© Oprek Mania
Halo Bosku, mau Konsultasi atau Butuh JASA OPREK Android? Silahkan Hubungi Admin langsung ya!